Blue Sunrise Telaga Dringo Dieng

Blue Sunrise Telaga Dringo Dieng

Blue Sunrise Telaga Dringo Dieng

Sebagian besar penduduk indonesia hampir bisa dipastikan pernah mendengar nama dataran tinggi Dieng, tapi apakah Anda pernah mendengar destinasi wisata Telaga Dringo? yap, telaga Dringo masih berada di kawasan dataran tinggi dieng, yaitu berada di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang.
dikutip dari website diengindonesia.com bahwa asal-usul terbentuknya telaga Dringo merupakan bekas kepundan letusan gunung berapi pada tahun 1786 yang berupa kawah mati dan bentuk cekungan sebagai tempat tadah air hujan serta munculnya mata air di sekitar telaga, namun nama Telaga Dringo diambil dari nama tanaman dringo yang tumbuh secara alami di sekitar telaga sehingga oleh masyarakat sekitar dinamakan Telaga Dringo.

Destinasi wisata Telaga Dringo masih belum terlalu lama dikenal dan masih belum terlalu banyak wisatawan yang datang, track jalan dari wisata dieng masih kurang bagus karena jalan tanah yang berbatu dan menanjak, bisa dijangkau menggunakan kendaraan mobil (disarankan mobil dengan suspensi yang tinggi) tapi akan lebih asik jika menggunakan sepeda motor. Sebelum sampai ke lokasi Anda akan melewati objek wisata kawah Candradimuka dan Anda bisa berhenti sejenak untuk sekedar berfoto atau menikmati harumnya aroma belerang dari kawah.

Kawah Candradimuka

jika Anda tertarik untuk berwisata kesana disarankan untuk tidak memilih waktu di musim kemarau, karena kemungkinan air telaga akan surut ditambah lagi biasanya air telaga digunakan oleh warga sekitar untuk menyiram tanaman pertanian. Spot camping ground cukup luas, tapi Anda harus memiliki persiapan yang sangat matang jika ingin bermalam dan mendirikan tenda di tepian telaga karena suhu udara yang sangat dingin bisa mencapai 0° C saat dini hari.

Telaga Dringo telah banyak disebut juga sebagai Ranukumbolo Dieng karena landscapenya yang hampir mirip dengan Ranukumbolo di Jawa Timur, tetapi Moment yang paling indah adalah dini hari saat subuh yaitu waktu sunrise ketika matahari mulai terbit, dan jika Anda beruntung Anda akan menemukan keindahan Blue Sunrise yang berpadu dengan indahnya twin Sunrise.

Blue Sunrise Telaga Dringo Dieng Sunrise Telaga Dringo Dieng Sunrise Telaga Dringo Dieng

Jadilah traveler yang baik, jangan merusak alam sekitar dan jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak berpijak!

Comments

comments

4 thoughts on “Blue Sunrise Telaga Dringo Dieng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *